Vol. 1 No. 1 (2020): April
Open Access
Peer Reviewed

Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUDProvinsi NTBPeriode Maret-April 2019

Authors

Suvia Harpiani , Candra Eka Puspitasari , G.A.P Sri Erwinayati , Baiq Sofianti Annisa

DOI:

10.29303/sjp.v1i1.9

Downloads

Received: Mar 12, 2020
Accepted: Apr 21, 2020
Published: Apr 30, 2020

Abstract

Abstrak: Pelayanan kesehatan dapat dinilai berdasarkan kualitas pelayanan kefarmasian yang baik dan berorientasi langsung kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUD Provinsi NTB. Metode yang digunakan adalah metode servQual dengan cara membandingkan nilai kinerja dan harapan pasien. Tingkat kepuasan diukur berdasarkan lima dimensi, meliputi reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) dan tangibles (bukti langsung). Analisis data menggunakan rumus kepuasan untuk melihat tingkat kepuasan pasien dan rumus kualitas pelayanan untuk melihat tingkat kualitas pelayanan. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kepuasan pasien umum dan BPJS sangat puas (lebih besar dari 0,80). Kualitas pelayanan menunjukkan harapan pasien lebih besar daripada kenyataan dengan rata-rata bernilai negative (-).  Selain itu juga dilakukan analisis perbandingan tingkat kepuasan pasien umum dan BPJS dengan hasil tidak ada perbedaan pada tiap dimensi (p lebih besar dari 0,05) kecuali pada dimensi bukti langsung (p lebih kecil dari 0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pasien umum dan BPJS sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan.

Keywords:

Kepuasan pasien, pelayananan kefarmasian, servQual

References

Badan Perencanan Pembangunan Nasional. (2013). Proyeksi Penduduk Indonesia tahun 2010-2035. Badan Perencanan Pembangunan Nasional.

Badan Pusat Statistik. (2017). Profil Ketenagakerjaan Provinsi Nusa Tenggara Barat berdasarkan Hasil Sarkernas 2017.

Badan Pusat Statistik. BPJS. (2018). Data Kepesertaan BPJS 2018. Jakarta: BPJS.

Departemen Kesehatan RI. (2004). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1027/MENKES/SK/IX/2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta : Direktorat Jenderal Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan No.35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Departemen Kesehatan RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan No. 72 Tahun 2016. tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Direktorat Jenderal Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Departemen Kesehatan RI.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Gambaran Kesehatan Usia Lanjut di Indonesia. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 19 tahun 2016 tentang Program Indonesia Pintar (PIP).

Noviana, P., (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi di RSUD Pare menggunakan Metode ServQual. Jurnal Wiyata, Vol. 4 no. 2, pp. 114-118.

Parasuraman, A. & Zeithaml, V. A., (2004). Service Quality, New York : Marketing Science Institute.

Pratiwi, W. R., Kautsar, A. P., & Gozali, D., (2017). Hubungan Kesesuaian Resep dengan Formularium Nasional terhadap Mutu Pelayanan pada Pasien Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum di Bandung.

Pharmaceutical Sciences and Research. Vol. 4, No. 1, pp. 48-56. Radito, T. A., (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 11 No. 2, p. 12.

Raheem, A. R, Rizwan, A., Ahmad, N., Nasir, F. & Khoso, I. (2014). Patients’ Satisfaction and Quality Health Services: An Investigation from Private Hospitals of Karachi, Pakistan. Research Journal of Recent Sciences. Vol.3, No.7.

RSUD Provinsi NTB. (2018). Profil RSUD Provinsi NTB. Diakses dari http://rsud.ntbprov.go.id/pada 25 September 2018. Umniyati, H., (2010). Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Tenaga Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara Tahun 2009. Jurnal Kedokteran Yarsi. Vol. 18 No. 01, pp. 10-12

Author Biographies

Suvia Harpiani, Universitas mataram

Candra Eka Puspitasari, Universitas mataram

G.A.P Sri Erwinayati, universitas mataram

Baiq Sofianti Annisa, universitas mataram

Downloads

Download data is not yet available.

How to Cite

Harpiani, S., Puspitasari, C. E., Erwinayati, G. S., & Annisa, B. S. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSUDProvinsi NTBPeriode Maret-April 2019. Sasambo Journal of Pharmacy, 1(1), 17–21. https://doi.org/10.29303/sjp.v1i1.9